Monday 9 December 2013

Pentingnya Teknologi Untuk Kehidupan Manusia

Pentingnya Teknologi Dalam Kehidupan Manusia – Teknologi sebenarnya sejak dulu teknologi sudah ada. Seseorang menggunakan teknologi karena manusia berakal. Perkembangan teknologi terjadi karena seseorang menggunakan akalnya untuk menyelesaikan setiap masalah yang dihadapinya. Pada dasarnya teknologi dibangun untuk memudahkan manusia. Tapi kadang teknologi yang di bangun manusia tidak semuanya membantu, ambat laun akan menjadi bom waktu yang siap meledak. Pada satu sisi, perkembangan teknologi telah membawa manfaat yang luar biasa bagi kemajuan peradaban manusia, pekerjaan yang sebelumnya menuntut kekuatan dan kemampuan fisik , kini sudah bisa digantikan oleh perangkat mesin-mesin otomatis.
Manfaat Teknologi Dalam Kehidupan Manusia
Beberapa manfaat teknologi dalam kehidupan manusia seperti :
  • Manfaat Teknologi Terhadap Kebutuhan Pokok Manusia
  • Manfaat Teknologi Untuk Pemberdayagunaan Sumber Daya Alam
  • Manfaat Teknologi Terhadap Sumber Daya Manusia
  • Manfaat Terhadap Komunikasi dan Transportasi
  • Manfaat Teknologi Untuk Peningkatan Kesehatan
  • Manfaat Teknologi di Bidang Pendidikan
  • Manfaat Teknologi Terhadap Pencapaian Kemakmuran
Dari manfaat-manfaat teknologi diatas, antara manusia dan teknologi telah tercipta korelasi yang sedemikian erat. Karena begitu banyak manfaat teknologi bagi kehidupan manusia perangkat teknologi sudah menggantikan pola hubungan manusia, menumbuhkan kedekatan atau keintiman dengan benda mati.
Contoh Manfaat Teknologi Bagi Kehidupan Manusia
Seperti yang ditulis VIVAnews.com, tanggal Dunia 26 Agustus 1994 tentang Manusia Bionik. Disitu membuktikan bahwa dengan teknologi manusia dapat mereplikasi atau memperbaiki sejumlah organ dan bagian tubuh yang rusak (misal : karena kecelakaan, sakit).
Dalam istilah pengobatan bionik berarti penggantian atau peningkatan organ tubuh dengan versi mekanis, artinya ia telah mengalami penggantian organ asli dengan versi mekanis atau elektonik. Cara kerjan teknologi bionik yaitu menangkap impuls elektrik.
Contoh penerapan teknologi bionik kepada manusia dialami oleh Matthew James, remaja berusia 14 berhasil mendapatkan tangan bioniknya. Tangan ini terbuat dari plastik yang dibalut dengan silikon berwarna hitam. Dengan perintah dari pikiran, tangan bionik Janes mampu bergerak-gerak sesuai keinginan dengan teknologi i-LMB Pulse. Cara kerjanya, tangan bionik ini akan menangkap impuls elektrik yang dikirim dari otot lengan James hasil perintah pikiran. Pesan ini lalu diproses oleh dua elektroda dan dikirim ke mini komputer menjadi gerakan tangan mekanis sesuai dengan perintah yang dikirim. (sumber koran-jakarta.com-Senin, 12 September 2011)

Related Articles

0 comments:

Post a Comment

Category 1