Thursday 17 March 2016

Cloud - Era nya Cloud Computing


Pensil Usang - Haloo sahabat pensil, sudah lama sekali yaa saya tidak posting sesuatu hal yang bermanfaat disini, dan pada akhirnya masih diberikan kesehatan untuk bisa berbagi postingan yang bermanfaat. Kali ini saya akan membahas mengenai Cloud Computing yang lagi ngetren beberapa tahun terakhir ini.

Apa Sih Cloud Computing Itu?
Kalau dari kata-katanya sih "Cloud" yang artinya Awan, dan "Computing" yang artinya Komputasi. Ya kalau digabung jadi Komputasi Awan, nahh gaa ngerti kan kumputasi awan maksudnya bagaimana? hhaha. Oke deh disini saya akan menjelaskan Cloud itu seperti apa dengan analogi yang mudah dipahami oleh sahabat pensil.

Sahabat pensil semua nya menggunakan listrik kan di rumahnya untuk digunakan sehari hari, dan sahabat pensil untuk menikmati listrik tidak perlu untuk membangun infrastruktur listrik dulu kan baru bisa nikmatin listrik. Yang kita perlukan cuma daftar ke PLN dan bayar perbulan sesuai penggunaan listrik yang kita gunakan, Terus kalau kita punya suatu acara dan mengharuskan kita untuk menambah daya listrik, kita bisa langsung bilang ke PLN untuk menaikan daya listriknya.

Sahabat pensil tidak usah mikirin tuh bagaimana cara PLN memenuhi kebutuhan listrik kita, bagaimana ketika alat listrik mereka rusak, bagaimana cara maintain alat listrik mereka. Tugas Sahabat pensil hanya membayar sesuai kebutuhan penggunaan atau pemakaian disetiap bulannya.

Nahh analogi PLN diatas tadi itu, adalah sedikit gambaran dari cloud computing, jadi cloud computing memberikan layanan kepada kita. Dan sahabat pensil tidak usah pusing memikirkan infrastruktur layanan cloud karena sudah meraka semua urusi. yang penting mereka bisa memberikan standar layanan sesuai dengan apa yang kita butuhkan. dan untuk biaya layanan bayar sesuai dengan kebutuhan kita perbulannya. Jika mau ada tambahan penggunaan bisa langsung menghubungi pihak penyedia layanan cloud.

Mungkin sekian dulu pembahasan kita mengenai Cloud, jika ingin tahu yang lain mengenai cloud, kamu bisa pantengin terus blog ini. Karena kita mau bahas juga tentang Aman tidak sih menyimpan file penting di cloud, terus security di cloud nya itu seperti apa? dan masih banyak lagi. Oke Salam Sahabat Pensil.





Related Articles

0 comments:

Post a Comment

Category 1